Sunday, July 31, 2011

Cara buat lagu bagian pertama

Banyak cara buat lagu yang di lakukan oleh musisi, mulai dari menyepi di kamar sampai menyepi di tengah lautan he..he..he. Tapi di sini saya akan mengajarkan cara buat lagu dengan cara yang sesederhana mungkin dan bertahap. Ternyata dalam membuat atau mencipta sebuah lagu itu tidak sulit-sulit amat tapi juga tidak gampang. semua pasti bisa di lakukan kalau kita ada kemauan,ya nggak?.
Oke! Langsung saja cara buat lagu nya

tak harus bisa menguasai alat musik

Dalam menciptakan sebuah lagu di sarankan untuk bisa menguasai salah satu alat musik,di sarankan alat musik melody seperti gitar atau piano atau yang lainnya.Karena nantinya akan mempermudah kita dalam merangkai nada.Tapi bagi yang tak bisa memainkan alat musik atau bagi yang sudah belajar alat musik melody tapi gak bisa-bisa,jangan kuatir kalian masih tetap bisa membuat atau mencipta lagu sendiri. Coba lihat melly goeslaw atau titik puspa,mereka itu tak bisa memainkan alat musik tapi mereka tetap masih bisa membuat lagu,bahkan lagu-lagu mereka pernah menjadi hits, hebat kan?.Atau bagi yang suka alat musik drum,coba aja tiru cara buat lagu nya king of pop michael jackson,dia kalau buat lagu kadang memakai ketukan,jadinya lagu-lagu milik michael jackson kalau di pakai buat dance itu pas banget,tapi cara buat lagu seperti ini memang agak sulit.

Sebenarnya lagu itu adalah rangkaian panjang pendek dari 7 tangga nada yaitu DO, RE, MI, FA, SOL, LA, SI. Jadi kalau kita ingin membuat sebuah lagu kita hanya tinggal memanjang pendekkan nada. Contoh :
"AKU CINTA KAMU"kalau di buat lagu jadinya begini (ini sekedar contoh kalian bisa mencobanya sendiri)
"AAKU CINTAA KAAMUU"
Sekarang kita lihat kata "AKU" setelah di lagukan menjadi "AAKU" itulah yang di maksud dengan memanjang pendekkan nada. Jadi sederhananya lagu itu adalah rangkaian dari memanjang pendekkan kata.

Nah sekarang kalian coba,bagi yang bisa memainkan alat musik melody coba pakai chord "A" dan "D" untuk melagukan kata "AKU CINTA KAMU", terus cari nada yang pas dan menurutmu enak di dengar untuk chord "A" dan "D"
(bisa juga pakai chord lain).
Selanjutnya bagi yang tak bisa memainkan alat musik coba ambil alat perekam,yang mudah pakai alat perekam hp saja.Kamu nyanyikan kata "AKU CINTA KAMU" sambil kamu merekamnya,setelah itu putar rekaman kamu dan dengarkan. Kalau di rasa kurang enak di dengar,langsung kamu hapus saja, lalu kamu rekam lagi dengan mencoba nada-nada yang lain hingga benar-benar menemukan nada yang sesuai.
Oke sekian dulu cara buat lagu untuk bagian yang pertama ini, selamat mencoba!.

view : tips cara bermain gitar
bisnis online

No comments:

Post a Comment